Latest News

Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan


Manfaat Kunyit Putih - Kunyit putih merupakan salah satu jenis dari keluarga tanaman kunyit. Kunyit putih berasal dari umbi tanaman kunyit putih. Kunyit jenis ini memang lebih langka dibandingkan dengan kunyit yang berwarna kuning. Kunyit kuning biasa dimanfaatkan untuk bumbu untuk masakan. Lalu apa manfaat kunyit putih ini? Ia banyak dimanfaatkan untuk kesehatan dan mengatasi berbagai masalah penyakit.

Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan

Kunyit putih adalah salah satu jenis umbi yang berproduksi tahunan, dengan rimpang berbentuk bulat. Warna umbinya yaitu putih dan hampir mirip kencur. Ternyata, manfaat kunyit putih tidak hanya untuk kesehtatan saja, namun ia juga bermanfaat untuk kecantikan. Kandungan Nutrisinya Yang sangat lengkap, shingga menjadikan kunyit putih ini diyakini mampu berperan sebagai obat berbagai penyakit kronis dan bahkan sudah menahun. Selain itu, karena kunyit putih merupakan tanaman herbal, jadi ia tidak memiliki efek samping.

Kandungan kunyit putih
Kunyit putih merupakan tanaman herbal, ia sudah diketahui telah banyak digunakan dalam berbagai obat tradisional, baik itu dalam bentuk jamu atau bentuk lainnya. Rasa kunyit putih hampir mirip sama kencur atau temulawak. Kunyit putih juga memiliki kandungan minyak atsiri.

Mirip seperti pada kandungan kunyit kuning, kunyi ini juga mengandung senyawa kurkumin, bosdesmetoksikurkumin, desmetoksikurkumin, keton sesquiterpen, tumeron, tumein, sabinen, felander, dan borneol. Selain itu, di dalam kunyit putih terdapat lemak, karbohidrat, protein, vitamin C, mineral, minyak atsiri, pati, serat alami, zat besi, kalsium dan fosfor. Sehingga dengan kandungannya ini, ini membuat manfaat kunyit putih ini juga beragam.

Penelitian yang paling baru, menunjukan bahwa kunyit putih mangga (curcuma mangga) memiliki efek farmakologis terhadap sel kanker. Manfaat dan khasiat ini telah di uji coba laboratorium, hasilnya sel kanker yang dijadikan sampel dapat lumpuh dan tak aktif menyerang sel sehat setelah diberikan konsentrat kunyit putih. Seperti pada pentelitian yang dilakukan oleh American Institute of Cancer, institusi ini menyatakan bahwa kandungan anti-oksidan di dalam kunyit putih ini sangat ampuh dalam mencegah kerusakan pada DNA yang berpotensi menjadi biang kanker.

Kunyit putih juga mangandung beberapa zat yang bisa menangani gejala kanker yang mampu menahan peradangan dan pembengkakan pada jaringan tubuh. Kunyit putih juga bisa mengatasi keputihan untuk mencegah adanya permasalahan lebih serius seperti kanker serviks.

Berikut adalah beberapa manfaat kunyit putih untuk kesehatan dan kecantikan,

Manfaat kunyit putih untuk obati penyakit maag
Penyakit maag bisa terjadi dikarenakan memiliki pola makan tidak teratur dan mengkonsumsi makanan yang dapat memicu asam lambung. Untuk pencegahan dan mengobatinya, kita bisa menggunakan kunyit putih. Untuk menggunakannya yaitu, pertama kunyit putih dicuci kemudian dipotong kecil. Selanjutnya kita rebus dengan setengah liter air. TUnggu air tersebut mendidih dan terseisa setengah bagiannya saja. Kemudian rebusan tersebut kita saring dan selanjutnya kita tunggu sampai menjadi tak terlalu panas. Kita bisa juga menambahkan dengan madu. Ramuan herbal ini diminum sebanyak 2 kali sehari. Untuk sekali  minum yaitu 50 ml saja.

Dapat mencegah dari kanker payudara
Ada beberapa kanker yang mengerikan bagi wanita. Diantaranya yaitu kanker serviks dan kanker payudara. Dengan mengkonsumsi kunyit putih ini, para kaum hawa dapat terhindar dari resiko kanker payudara ini. Untuk mendapatkan manfaat kunyit putih ini, kita membutuhkan bahan lain yaitu keladi putih. Pertama keladi kita bersihkan dan dipotong. Rebus bahan tersebut ke dalam 4 gelas air. Kita tunggu sampai tinggal 2 gelas saja. Kita saring supaya airnya jernih, dan kita dinginkan sebentar. Campur juga dengan madu.

Manfaat kunyit putih yang lain
Kunyit putih memiliki komposisi senyawa yang lengkap. Apabila kita mengkonsumsi secara teratur, manfaat kunyit putih juga dapat memperkuat otot kewanitaan, obati gatal-gatal di organ genital wanita karena bakteri, dapat memperkuat vitalitas laki-laki, bisa menurunkan panas dan juga demam, mengurangi kadar lemak perut, memperbaiki bronchitis, membantu mencegah asma, mencegahmasuk angin, terakhir mengatasi kembung.

Selain bermanfaat manfaat-manfaat di atas, manfaat kunyit putih untuk kesehatan adalah :
  • Mengibati gangguan pencernaan
  • Menambah stamina kesehatan
  • Melancarkan air seni
  • Menyembuhkan diare
  • Menambah nafsu makan