Manfaat Daun Sambiloto untuk Diabetes, Ini Adalah Hasil Penelitian



Daun Sambiloto untuk Obat Diabetes - Sambiloto merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh.  Apakah Anda pernah meminum atau mengkonsumsi jamu gendong? Di ramuan jamu gendong sebenarnya tanaman sambiloto adalah salah satu bahan pembuatnya. Sambiloto ini juga bisa diandalkan. Tanaman Sambiloto dapat diandalkan dalam membasmi penyakit dalam tubuh kita. Tanaman herbal sambiloto ini, maka ia akan meminimalkan efek samping yang terjadi. Tanaman sambiloto ini juga dapat berfungsi sebagai obat diabetes. Karena sambiloto berperan sebagai obat herbal, maka ia bisa dikonsumsi dalam jangka panjang. Dan apabila dibandingkan dengan obat kimia, tanaman sambiloto ini lebih aman. Karena obat kimia biasanya menimbulkan efek samping. 

manfaat daun sambiloto

Manfaat Dan Khasiat Daun Sambiloto Sembuhkan Diabetes


Kandungan zat aktif pada daun sambiloto yaitu Andrographolide dan glukosida diterpen. Andrographolide merupakan senyawa aktif anti bakteri, anti dibetes dan anti kanker dauri sambiloto. Andrographolide ini adalah senyawa utama dalam sambiloto yang memiliki fungsi dalam menurunkan kadar glukosa dalam darah. Dalam hasil penelitian yang menguji wsenyawa ini, semuanya membuktikan adanya hasil yang positif, yaitu ia berguna dalam mengatasi diabetes.

Berikut adalah beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh beberapa universitas di Indonesia. Pada penelitian yang dilakukan Munawara dkk yaitu dari Fakultas Farmasi UGM tahun 2004. Munawara dkk menyebutkan bahwa rebusan daun sambiloto dapat menurunkan kadar glukosa darah tikus jantan. Penelitian yang dilakukan oleh Soedigdo dkk dari ITB, dari hasil percobaannya, didapat hasil bahwa pada kelici, andrographolide dalam ekstrak sambiloto terbukti memiliki efek hipoglikemik atau menurunkan kadar gula dalam darah. Penelitian yang ketiga yaitu dari Minggawati, pada tahun 1990, Fakultas Farmasi, Universitas Widya Mandala. Beliau menyebutkan bahwa  bahwa campuran ekstrak sambiloto  dan kumis kucing dengan perbandingan 7 : 3 dan diberikan secara oral mampu menurunkan tingkat kadar gula dalam darah. Kencing manis atau Diabetes mellitus adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang melebihi nilai normal, hingga akibatnya tubuh kekurangan insulin baik absolut maupun relatif.


Daun Sambiloto dapat dugunakan sebagai obat diabetes. Caranya, pertama ambil sambiloto daun segar kira-kira sebanyak 5 gram, seduh dengan 1 gelas air panas, setelah dingin kemudian disaring. Hasil saringan tersebutlah yang kemudian diminum sehari sebanyak 2 kali, waktunya yaitu pagi dan sore setelah makan.


Selain manfaat untuk mengobati diabetes, daun sambiloto ini juga dapat membantu dalam membersihkan darah kotor. Darah koto dapat memicu tumbuhnya jerawat, komedo dan berbagai masalah kulit. Selain menyembuhkan jerawat dari luar, mengobati jerawat dari dalam juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi ramuan alami dari daun sambiloto. 

Artikel lain yang mungkin bermanfaat : Daun Stevia, Pengganti Gula sebagai Bahan Pemanis

Apakah Anda pernah mendengar daun stevia? Tanaman stevia merupakan tanaman yang bisa digunakan daunya sebagai pemanis alami. Daun stevia mengandung senyawa golongan glikosida steviol, saponin, sterol, tanin, dan karotenoid. Selain ia juga mengandung protein, serat, besi, kalsium, kalium, senyawa flavonoid (fenolik) vitamin C, dan vitamin A. Steviosida merupakan bahan pemanis alami yang tidak mengandung kalori. Sehingga daun stevia tidak menaikkan kadar gula dalam darah. Daun ini juga tidak memungkinkan pertumbuhan bakteri dan ragi pada produk pangan. Selain itu Steviosida juga dapat mempelambat pembentukan plak dan karies gigi serta tidak toksik. 

Artikel Terkait

Manfaat Daun Sambiloto untuk Diabetes, Ini Adalah Hasil Penelitian
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email